Unik! Virus Baru, Tapi Pakai Teknik Lama

Sebuah virus baru telah hadir untuk melakukan serangan yang akan menginfikesi pengguna Windows Mobile dengan trik lama. Virus tersebut dijuluki “companion virus atau virus menggandeng teman”, yang menyerang dengan menggunakan metode mengambil identitas dari file yang ada dan memindahkan file tersebut ke lokasi yang berbeda. Setelah itu, virus akan menjalankan dirinya ketika file yang asli diklik, dan akan menampilkan file yang telah dipindahkan, setelah kode virus dieksekusi.


Ketika peneliti di McAfee pertama kali menguji virus ini, mereka sungguh sangat terkejut saat menemukan sebuah teknik infeksi lama yang masih digunakan oleh si pembuat virus tersebut. “Teknik ini pernah sangat populer digunakan di DOS dan kami belum pernah melihatnya di platform yang baru.” tulis peneliti McAfee, Jimmy Shah, dalam posting blog-nya.

Namun, elemen lain virus ini juga ada yang sudah modern. Kode virus tersebut telah terenkripsi dan polymorphic, sehingga membuat virus sulit di-rewrite kodenya. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah adanya deteksi oleh software keamanan di ponsel. Virus dan malware yang ada di mobile device biasanya berukuran kecil, namun cukup meresahkan.

Sebuah laporan dari F-Secure memperkirakan bahwa terdapat sekitar 400 mobile virus, dan bisa menimbulkan resiko keamanan untuk data dan pencurian identitas. Shah mencatat bahwa tidak hanya teknik dari virus terbaru ini yang menggunakan metode lama, namun pembuatan virus ini mungkin juga berasal dari gabungan metode yang sudah-sudah.

“Penampilan virus dalam system ponsel Windows Mobile ini mungkin akan membuat perubahan dari profit Trojan dan spyware untuk menjadi virus yang lebih experimental. Atau akan mungkin penulis malware Windows CE ini akan lelah, ketika virus di platform mobile telah mengundang perhatian banyak orang.” kata Shah.

0 komentar:

Copyright © 2012 komputer-tech
Design by stuff-freeiz