Tips antisipasi terhadap bahaya keylogger

Wah.. baru posting lagi nih! sebelumnya kelamaan vacum karena habis transfer data dari server lama ke server baru yang gratisan, hehehehehe...!!! mungkin arktikel seperti ini sudah banyak yang posting, tapi sapa tau ada manfaatnya.
Artikel ini di posting ulang karena beberapa waktu lalu sempet ngerasain akibatnya,, sampai account FB aja amsyong juga, hehehehehe,, kayanya tuh orang ngincer chips poker di account FB dah! maklumlah karena zynga poker lagi naik daun, jadi bahan inceran para hecker dech!

Keylogger adalah alat pencatat atau perekam aktivitas yang dilakukan pada computer. Keylogger bekerja secara sembunyi-sembunyi merekam setiap tombol yang kita tekan pada keyboard. Saat kita menekan a-z, 0-9, ataupun kombinasi keyboard seperti Shift+2 ,dll akan tercatat oleh keylogger
Keylogger banyak dimanfaatkan dalam dunia hacker khususnya dalam pencurian user name - password karena kebanyakan naive user (user awam) tidak menyadari bahwa computer yang digunakannya telah dipasangi Keylogger. Sehingga saat user itu sedang membuka e-mail, membuka blog, membuka FS, membuka FB, bahkan transfer e-banking yang kesemuanya menggunakan user name - password ternyata semua aktifitas itu telah direkam oleh Keylogger.
kemudian setelah user pergi barulah si pemasang Keylogger ini panen user name - password yang telah terekam
so, langsung aja ... berikut ada beberapa tips buat antisipasi terhadap keyloger :
  1. Kadang Keylogger tidak terdeteksi prosesnya jadi percuma kamu buka TaskManager atau pakai tools Kill proses lain tapi tidak ada salahnya untuk berjaga-jaga, sapa tahu keyloggernya buatan VB6.0 atau Delphi pasti tertangkap prosesnya oleh HiJack download saja programnya di: http://download3.emsisoft.com/a2HiJackFree.exe. Atau kita bisa menggunakan trik lain yaitu dengan menekan kombinasi Ctrl+Shift+Alt+F atau dengan kombinasi keyboard lain yang sekiranya dapat memunculkan keylogger yang sedang terpasang.
  2. Wajib lihat Start - Control Panel - Add and remove programs lihat apakah ada program instalan yang mencurigakan? jika ada Remove atau uninstal aja.
  3. Menggunakan software anti keylogger, download dan di pelajari sendiri yah pemakaiannya :
# berhati-hatilah terhadap sipapun demi keamanan data pribadi anda, baik teman atau pacar kalian sekalipun karena kejahatan tidak memandang siapun.. !!!! hehehehe,, sorry kalo agak lebay dikit.
ok,, sepertinya cukup gitu aja dech penjelasannya! semoga bermanfaat.
source : ilmukomputer.org

0 komentar:

Copyright © 2012 komputer-tech
Design by stuff-freeiz