Upgrade Windows Vista ke Windows 7

Step 1: Cek Versi windows
Tabel di bawah ini menggambarkan edisi Windows Vista yang dapat di-upgrade ke Windows7. Ini penting agar pilihan Upgrade dapat bekerja dengan baik menyalin atau upgrade Windows 7. Hal ini dijelaskan di bagian depan Windows 7 sampul ritel atau pada waktu penerimaan penjualan online. Jika tidak dapat menggunakan opsi Upgrade ke edisi upgrade ke Windows 7 yang ingin digunakan, agar tetap dapat menggunakan pilihan Custom, tapi pilihan Custom tidak melindungi file, program, atau pengaturan yang ada dalam komputer.
Jika anda menggunakan Upgrade Ke Windows 7 Home
Premium
Upgrade Ke Windows 7 Professional Upgrade Ke Windows 7 Ultimate
Windows Vista Basic Ya - Ya
Windows Vista Home Ya - Ya
Windows Vista Business - Ya Ya
Windows Vista Ultimate - - Ya
Beberapa versi Windows tidak dapat diupgrade dengan disc instalasi. Sebagai contoh, kita tidak bisa meng-upgrade Windows versi 32-bit ke versi 64-bit, atau upgrade dari edisi yang lebih tinggi dari Windows, seperti Windows Vista Ultimate, ke edisi yang lebih rendah, seperti Windows 7 Home Premium.
Jika hal ini terjadi, kita harus menggunakan pilihan Custom sewaktu instalasi.
Namun, seperti yang disebutkan di atas, pilihan Custom tidak melindungi file, pengaturan, atau program dalam komputer. Kita harus membuat cadangan file dan pengaturan sebelum menginstal Windows 7, dan merestore kembali setelah instalasi selesai dan kita juga harus menginstal ulang program-program kita dengan menggunakan CD program asli masing-masing.
Menginstall Windows 7 versi 32 bit dan versi 64 bit
Jika kita menjalankan Windows Vista versi 32-bit, kita hanya dapat meng-upgrade ke Windows 7versi 32-bit. Demikian pula, jika kita menjalankan versi 64-bit Windows Vista, kitapun hanya dapat meng-upgrade ke Windows 7versi 64-bit. Jika tidak, kita harus menggunakan pilihan Custom untuk menginstal Windows 7.
Baik versi 32-bit maupun versi 64-bit dalam proses instalasi membutuhkan memory sebesar 2GB RAM atau lebih besar lebih baik.
Untuk mengetahui yang mana disc instalasi Windows 7 bisa anda gunakan, lakukan hal berikut:
  1. Buka Performance Information and Tools dengan mengklik tombol [Start], klik [Control Panel], klik [System and Maintenance], dan kemudian mengklik [Performance Information and Tools].
  2. Klik [View].
  3. Di bawah [System], kita dapat melihat jenis sistem operasi yang sedang kita jalankan dan apakah kita dapat menjalankan Windows versi 64-bit.
Jika komputer kitaa sudah menjalankan Windows versi 64-bit, kita tidak akan melihat 64-bit dalam daftar.
Perhatikan Versi bit windows yang sedang kita gunakan.
Step 2: Installing Windows 7
Ketika kita meng-upgrade ke Windows 7, maka kita akan menyimpan file Anda, pengaturan, dan program-program dari Windows Vista.
Perhatikan hal ini :
  • Pastikan komputer kita menjalankan Windows Vista baik Service Pack 1 atau Service Pack 2. Untuk informasi lebih lanjut, lihat service pack Windows Vista pada halaman Web di situs Microsoft.
  • Hubungkan PC kita ke Internet sehingga kita bisa mendapatkan update instalasi selama proses instalasi. Tetapi jika kita tidak memiliki sambungan Internet, kita masih dapat menginstal Windows 7.
  • Jalankan Update program antivirus kita dan kemudian mematikannya setelah ter-upgrade. Setelah kita menginstal Windows 7, ingatlah untuk menghidupkan kembali program antivirus, atau memasang perangkat lunak antivirus yang baru yang kompatibel dengan Windows 7.
  • Pilih salah satu instalasi disc 32-bit atau 64-bit Windows 7, tergantung pada apakah kita ingin menginstal Windows 7 versi 32-bit atau 64-bit.
  • Tulis pada kertas 25-karakter password produk Windows. Kita dapat menemukannya di dalam sampul disk instalasi Windows atau konfirmasi e mail jika kita membeli dan download Windows 7 secara online atau kita juga bisa mencarinya dari Om Google.
  • Jika kita menggunakan pembaca sidik jari atau perangkat biometrik lain untuk log on ke komputer kita, pastikan kita menuliskan password kita sebelum meng-upgrade.
Pelaksanaan Upgrade Windows 7
  • Hidupkan PC.
  • Setelah Windows Vista berjalan, lakukan salah satu berikut ini:
  1. Jika kita membeli dan men-download Windows 7 online, buka file instalasi. Membeli dan men-download Windows 7 online adalah cara termudah untuk menginstal Windows 7 di netbook.
  1. Jika kita memiliki disc instalasi Windows 7, masukkan CD ke dalam DVD-ROM komputer kita. Setup akan berjalan dengan otomatis. Jika tidak, klik tombol [Start], klik [Computer], klik dua kali [DVD] kita untuk membuka instalasi Windows 7, dan kemudian klik dua kali [setup.exe].
  • Pada jendela [Instal Windows], klik [Install Now].
  • Pada jendela [Get important updates for installation], disarankan untuk mendapatkan update terbaru, untuk membantu memastikan instalasi yang sukses, dan untuk membantu melindungi komputer kita terhadap ancaman keamanan. Untuk keperluan ini, sebagaimana dijelaskan di atas maka komputer kita harus terhubung ke Internet selama instalasi Windows 7 untuk mendapatkan update tersebut.
  • Pada halaman [Please read the license terms], jika kita menerima persyaratan lisensi, klik [I accept the license terms], dan kemudian klik [Next].
  • Pada pilihan [Which type of installation do you want?] klik Upgrade. Setelah langkah ini kita mungkin akan diberi laporan kompatibilitas.
  • Lanjutkan untuk mengikuti instruksi-instruksi selanjutnya dalam menyelesaikan instalasi Windows 7.
  • Selama proses penginstalan siapin makanan cemilan + minuman untuk menemani kita dalam penginstalan sambil browsing dan baca-baca artikel lain di sini, okey! :)
Update drivers
Driver pada komputer adalah perangkat lunak yang memungkinkan komputer kita untuk berkomunikasi dengan perangkat keras atau device. Tanpa driver, perangkat keras komputer kita-misalnya, kartu video (VGA) atau printer tidak akan berfungsi dengan baik.
Dalam kebanyakan kasus, driver biasanya satu paket dengan Windows, atau kita dapat menemukannya dengan menggunakan Windows Update dan memeriksa update. Untuk melakukannya, konek dulu ke internet lalu klik tombol [Start], klik [All Programs], dan kemudian klik [Windows Update].
kayaknya segitu dulu aja dah, selamat mencoba!!!!

0 komentar:

Copyright © 2012 komputer-tech
Design by stuff-freeiz