Bikin Radio Online

Banyak yang bingung untuk memulai mengonlinekan radionya. Jika semua lini dikerjakan sendiri oleh si pengelola TI dari radio tersebut, memang ribet dan melelahkan bagi orang yang tak pernah berurusan dengan server. stuff-freeiz.com hadir untuk membantu memberikan solusi tersebut, hanya dengan Registrasi Rp. 150.000,- anda sudah dapat mengelola radio online sendiri dengan max user hingga 1000 listner.
Sebelumnya download dulu :



Perlu kami tegaskan, komputer-tech menggunakan software shoutcast server untuk mengonlinekan radio. Server yang digunakan adalah berbasis Linux, tapi bagi Anda yang sehari-hari menggunakan Windows, gak usah khawatir karena hampir tak ada kaitannya antara Linux di server dengan komputer Windows Anda. Kenapa server radio pake Linux? karena Linux lebih stabil!!!

Tutorial ini ditujukan bagi yang komputernya menggunakan Windows, untuk Mac dan menggunakan Winamp urutan langkah-langkahnya sama hanya software yang diinstall berbeda.

Berikut langkah-langkah mengonlinekan radio Anda.

1. Kontak kami untuk meminta demo server radio streaming (Anda

tak perlu ribet bagaimana install server radio streaming, juga tak perlu tahu detail bagaimana cara install shoutcast server di server Linux semua akan dikerjakan oleh tim kami).

2. Tunggu beberapa menit kemudian, Anda akan mendapat akses shoutcast server.

Di email, catat tiga hal yang menjadi modal Anda untuk konek ke shoutcast server, yaitu: IP Address, Port, dan Password radio.

3. Siapkan komputer yang dilengkapi dengan koneksi internet.

4. Pastikan Anda memiliki program Winamp di Komputer Anda. Jika belum punya Winamp, download di web Winamp, klik Download Winamp.

5. Winamp Anda harus memiliki plugin (program tambahan) yang disebut Shoutcast DSP Plugins, bagi pengguna Windows, Anda harus download. Pengguna Linux juga disediakan DSP Plugin-nya. Setelah download selesai, install program tersebut di komputer Anda.

6. Anda harus mengaktifkan SHoutcast DSP Plugin di Winamp Anda. Caranya :
  • Buka Winamp,

  • kemudian tekan tombol CTRL + P (Anda harus menekan tombol CTR dan huruf P secara bersamaan), maka akan keluar box Winamp Preferences,

  • lihat sebelah kiri pilihan settingnya, ada General Preferences, Skins, dan Plug-ins,

  • arahkan kursor ke Plug-ins, dan klik DSP/Effect, maka akan muncul box baru, di situ ada tiga pilihan yaitu : (none), Nullsoft Shoutcast Source DSP....., dan Nullsoft Signal Processing Studio...,

  • pilih yang Nullsoft Shoutcast Source DSP...dengan mengkliknya dua kali maka akan muncul box/window baru dengan judul Shoutcast Source, jika tidak muncul window baru klik tombol Configure Active plug-in di bagian bawah.


Sampai tahap ini, hampir selesai sudah tahapan mengonlinekan radio Anda. Sekarang tutup box/window Winamp Preferences dan mulai berkonsentrasilah pada kotak kecil terakhir yaitu Shoutcast Source. Sebelum Anda memulai mengonlinekan atau menyiarkan radio Anda, di bawah ini gambar tampilan Winamp Preferences dan Shoutcast Source.



shoutcastpreference.jpg shoutcastsource.jpg

7. Sekarang fokusnya adalah : Bagaimana cara memulai menyiarkan/broadcast radio Anda.

Sekarang cek di email Anda, cari akses shoutcast server yang pernah dikirimkan oleh kami. Tiga hal saya yang perlu dicek yaitu: IP Address, Port yang disediakan, dan Password.

Kemudian, fokus ke Shoutcast Source diatas. Di tampilan ini ada empat tab utama: Main, Output, Encoder, dan Input.

Sekarang klik Output. Ada pilihan Output, pilih Output1. Di bawahnya ada pilihan dua tab, Connection dan Yellowpages. Klik dulu Connection.

Pada connection inilah bagian utama terpenting yang harus Anda pelototin untuk bisa menjalankan radio streaming. Kalau radio Anda tidak jalan, bagian inilah yang harus Anda ubah-ubah dan Anda cek benar tidaknya isian yang Anda masukkan. Inilah bagian jantung dari aktivitas radio streaming Anda.

Pada bagian Address, isikan nomor IP yang telah kami kirimkan. Jika Anda order domain dan hosting dari kami, Anda bisa meminta dibuatkan subdomain khusus untuk radio Anda sehingga Address ini bisa diisi sesuai dengan subdomain radio streaming Anda misalnya : radio.namaradioku.com. Ingat: isian ini tak memerlukan www, jadi cukup isikan radio.namaradioku.com. Bagi yang tak menggunakan domain dan hosting di tempat kami, direkomendasikan untuk menggunakan nomor IP aja.

Setelah Address, isikan pada bagian Port, masukkan port yang telah kami kirimkan. Kemudian yang terakhir adalah Password, masukkan password yang telah kami berikan. Setelah Anda memasukkan password, maka otomatis akan konek ke server shoutcast kami. Jika isian yang Anda masukkan benar, maka di bawah tampilan Status akan berubah menjadi angka-angka yang berjalan sebagai tanda Anda berhasil konek ke shoutcast server. Kalau statusnya masih terus connecting, berarti DSP Anda belum bisa konek ke shoutcast server, cek lagi isian yang Anda masukkan siapa tahu salah! Kesalahan biasanya terjadi pada port atau password Anda.

Tampilannya seperti di bawah ini:




8. Setelah bisa konek, sekarang fokus ke tab Yellowpages. Klik tab Yellowpages yang berada di sebelah kanan tab Connection. Yellowpages ini berguna untuk menampilkan informasi soal radio Anda di web streaming Anda. Informasi ini nanti otomatis juga akan ditangkap secara global oleh web Shoutcast.com dan secara instant ketika radio Anda online maka di Shoutcast.com akan ada daftar radio Anda.

Ingat: bagian ini tak mempengaruhi cara koneksi atau kualitas shoutcast server saja. Jadi kalau ada trouble shoutcast server Anda, tak perlu cek isian ini.

Setting Yellowpages adalah:



Centang dengan cara mengklik kotak centang pada bagian Make this server public (Recomended).

Pada bagian Description, isilah nama radio Anda: misal Radio Rock 'n Roll Jakarta Indonesia. Menambahkan nama kota dan negara pada description ini sangat membantu pencarian radio di situs Shoutcast.com.

URL: isikan alamat website Anda misalnya www.radioku.com

Genre: masukkan genre radio Anda, misalnya: Rock dan Pop

Pada isian AIM, ICQ, dan IRC dikosongi saja jika Anda tak memiliki account di sana.

Pada bagian Track Title/URL, centang pada Enable Title Updates, artinya title lagu yang diputar di MP3 akan berubah setiap winamp memainkan lagu berbeda. Pada Title, kosongi saja dan centang pilihan Auto. Pada URL kosongin saja dan centang pilihan Auto.
shoutcast-yellowpages.jpg

9. Sekarang fokus ke tab Encoder.

Klik tab encoder. Akan tersedia pilihan Encoder: pilih Encoder1.

Pada Encoder Type: pilih MP3 Encoder.

Pada Encoder Settings: pilih 24 kbps atau maksimal 32 kbps.

Catatan: beberapa teman-teman yang telah mencoba shoutcast server lebih memilih AAC+ Encoder. Anda dengan mudah bisa mengubah Encoder Type ke AAC+ ENcoder, kemudian pilih Encoder Settings ke kisaran 24 kbps - 32 kbps. Pilihan AAC+ ini dirasa lebih trible dibanding MP3 encoder.

Semakin tinggi angka kbps yang Anda pilih, maka semakin bagus kualitas audionya tapi ada risiko yaitu tak semua pengguna internet bisa mendengarkan radio Anda. Hanya pendengar dengan koneksi internet bagus (misal 3G) yang leluasa mendengar radio Anda.

Menurut rekomendasi Shoutcast.com, kita baru berani pasang encoder pada bitrate 64 kbps jika koneksi internet broadcaster dan juga koneksi internet pendengar mencapai 128 kbps. Faktanya, walaupun di Indonesia ada koneksi 3G sekalipun, atau 3,5G, jarang yang aktualnya bisa mencapai 128kbps. Indosat M2 yang udah 3,5 G misalnya, rata-rata hanya bisa kami nikmati koneksinya pada angka di 50 kbps saja.

Jadi, hati-hati mengeset bitrate ini.
shoutcast-encoder.jpg

10. Sekarang Anda sudah siap untuk mengonlinekan radio Anda.

Setelah Anda bisa konek dengan shoutcast server kami, maka untuk memulai broadcast, Anda bisa test dulu dengan memainkan lagu MP3 dari Winamp. Caranya sama dengan Anda memutar lagu mp3 dari Winamp. Ketika Anda memainkan lagu dari winamp, maka radio Anda sudah terisi oleh lagu tersebut.

Untuk mendengarkan radio Anda, Anda harus pindah ke komputer lain yang ada koneksi internetnya, format alamatnya adalah: nomorip:nomorport/listen.pls.

Misal: ip address: 123.456.78.910

Port: 8000

Maka alamat mendengarkannya: 123.456.78.910:8000/listen.pls

Maka akan terbuka window baru dan pilihkan Winamp untuk memainkannya.

Cara lain adalah dengan cukup memasukkan nomorip:nomorport

Misal: http://123.456.78.910:8000, untuk mendengarkannya klik link Listen.

Contoh tampilan radio yang online dan radio yang tidak online seperti di bawah ini:

Catatan: Radio yang tidak online akan ada komentar Server Currently Down, itu bukan berarti server kami down melainkan radio Anda sedang tidak siaran atau shoutcast server Anda tidak mendapatkan input suara/input lagu dari Winamp DSP.

# untuk Setting di Jet Audio/Jet Cast silakan Contact US

0 komentar:

Copyright © 2012 komputer-tech
Design by stuff-freeiz