Mengenal Linksys E-Series Wireless Routers

Versi final dari 802.11n telah disetujui oleh IEEE. IEEE kepanjangan dari Institute of Electrical and Electronics Engineers, yang merupakan asosiasi non-profit dari para technical professional. Banyak para pabrikan wireless mulai melepaskan beberapa produk wireless andalan dengan mengadopsi standard versi final dari wireless n 802.11n.
Wi-Fi Alliance mengatakan bulan September 2009 lalu bahwa versi final dari 802.11n secara effektif mestinya specifikasinya tetap sama dengan versi draft 2.0 802.11n. Wi-Fi Alliance merupakan kelompok trader yang mempunyai trademark Wi-Fi dan mempunyai dan mengendalikan logo Wi-Fi CERTIFIED yang merupakan trademark terdaftar yang diperbolehkan pada segala peralatan / piranti yang telah lulus uji testing dari Wi-Fi Alliance.
Beberapa pabrikan wireless mulai memproduksi produk mereka dan dilempar kepasaran dengan mengusung standard wireless –n 802.11n versi final ini. Walaupun sebenarnya tidak ada perubahan berarti dari versi draft 802.11n, tetap saja kurang afdol kalau logo certifikasi dari produk mereka belum versi final (bukan lagi draft 802.11n akan tetapi 802.11n). sebut saja Belkin merilis jajaran wireless unggulan nya dengan seri Belkin Surf, Belkin Share, Belkin Play, dan juga Belkin Max Play. Sementara itu Linksys juga meluncurkan Linksys E-Series termasuk E-1000, E-2000, E-2000L (khusus Linux) dan juga E-3000 versi advanced. Jika kita ingin membangun jaringan wireless dari awal, maka pertimbangkan Linksys E-Series ini.

Apa Keunggulan Linksys E-Series ini
Linksys E-Series wireless router ini mempunyai 4 jenis yang diperkenalkan ke pasaran yang mana masing-masing cocok untuk berbagai kondisi yang sesuai dengan kebutuhan kita. Lihat juga cara memilih wireless network terbaik sesuai kebutuhan.Tidak seperti versi wireless routers Linksys sebelumnya seperti WRT610N dual-band wireless router yang (versi draft 802.11n), semua versi Linksys E-Series di usung dengan versi final dari 802.11n dengan kecepatan sampai 300 Mbps (kondisi ideal). Untuk versi draft perlu download firmware terbaru agar comply dengan update terbaru.
Instalasi Mudah dan Cepat
Linksys E-Series wireless router dilengkapi dengan Cisco Connect Software dengan tiga langkah sederhana untuk mensetup router dengan cepat untuk membuat jaringan wireless dari yang setting sederhana sampai yang tingkat advamced tanpa susah payah. Dengan Cisco Connect Software kita bisa secara cepat mengkoneksikan beberapa peranti kedalam jaringan:
  • Membuat jaringan dengan proteksi password yang terpisah untuk Guest sehingga kita bisa membuat security boundary khusus untuk Guest terpisah dengan jaringan private kita. Lihat juga konsep DMZ.
  • Limit access time dan websites dengan Parental Controls
  • Untuk setting tingkat adcanced pun bisa diakses dengan cepat
kita bisa membuat jaringan wireless dengan memilih salah satu seri E-Series dengan tepat sesuai kebutuhan baik kita ingin hanya membuat jaringan untuk sharing internet dan kebutuhan produktifitas kantor kita saja, atau kita menuntut suatu wireless router yang lebih bagus dengan jangkauan rumah kita yang lebih luas, ataupun menuntut adanya performa yang optimal untuk kebutuhan streaming media High Definition (HD) kita dengan halus.
Table berikut ini menunjukkan perbedaan spec utama dari wireless routers Linksys E-Series.
Linksys By CiscoE-Series Linksys E-1000

E-1000
Linksys E-2000E-2000 E-2000L E-2000L Linksys E-3000E-3000
Wireless Standards &Bands 802.11n2,.4GHz 802.11nSelectable dual-band (2.4 GHz and 5 GHz) 802.11n2,.4GHz 802.11n Simultaneous dual-band (2.4 GHz and 5 GHz)
Ports:LAN (Mbps)

WAN

USB
4x 10/1001 x 100

N/A
4x Gigabit1x Gigabit

N/A
4x 10/1001 x 100

USB storage / NAS
4 Gigabit1 x Gigabit

USB for UPnP AV media server
OS Windows, Mac Windows, Mac Linux Windows, Mac
AntennaTransmit / receive 2 Internal2 x 2 3 Internal2 x 3 2 x detachable2 x 2 6 Internal2 x 3
Sangat Cocok Untuk: Pemakaian sharing Internet dan produktifitas kantor rumahan kita Untuk jangkauan lebih luas dari rumah kita yang sangat luas dengan tambahan antenna khusus Pengendalian yang bisa di customize kepada jaringan kita untuk Linux Pro Performa yang optimum untuk tuntutan streaming media HD dengan halus dan juga untuk gaming

Connection Diagram
Semua Linksys E-Series wireless router ini mempunyai kesamaan dalam cara koneksi ke internet melalui modem xDSL atau Cable kita. Koneksikan port WAN dari router kita kepada port Ethernet dari modem dengan menggunakan kabel jaringan seperti gambar diagram berikut ini.
Linksys E-Series networking diagram
Linksys E-2000L dilengkapi dengan port USB yang bisa kita gunakan untuk media storage atau NAS. Sementara Linksys E-3000 juga dilengkapi dengan USB port yang bisa digunakan sebagai pusat file sharing storage karena diusung dengan UPnP AV media server.

0 komentar:

Copyright © 2012 komputer-tech
Design by stuff-freeiz