Hati-hati, Phising dari Facebook Security

Untuk pengguna Facebook harap berhati-hati dengan adanya kembali phising. Phising adalah adalah suatu bentuk penipuan yang dicirikan dengan percobaan untuk mendapatkan informasi secara details, seperti kata sandi dan kartu kredit, dengan menyamar sebagai orang atau bisnis yang tepercaya dalam sebuah komunikasi elektronik resmi, seperti surat elektronik atau pesan instan. Istilah phishing dalam bahasa Inggris berasal dari kata fishing ('memancing'), dalam hal ini berarti memancing informasi keuangan dan kata sandi pengguna

Phising applikasi yang telah beredar di sosial network Facebook menggunakan aplikasi dari Facebook yang memperingatkan kita bahwa ID Facebook kita telah di laporkan oleh pengguna Facebook lainnya dan akan mengakibatkan bahwa ID Facebook kita di tutup.

Ada baiknya pesan tersebut di abaikan atau lebih baik lagi jika di hapus. Pesan yang mengatas namakan Facebook Security ini jika kita perhatikan/teliti dengan baik maka kita akan menemukan keanehan/kejanggalan dalam pesan ini.

Biasanya si pengirim akan mengirimnya melalui message yang berisikan :
Аkυп αпdα теlαһ di lαрoгkαп olеһ репggυпα lαiп dепgαп αlαѕαп үαпg тidαk diрегbolеһkαп di Fαсеbook, Peгiһαl тeптαпg :

1. Pгofil рαlsυ.

2. Foto рαlsυ.

3. mеlαkukαп pоsтiпg.

4. meпgһiпα oгαпg lαiп.

5. mепgαпcαm oгαпg lαiп.

6. Obгolαп yαпg tαk pαпtαs.

7. bегisi gαmbαг теlαпJαпg.

8. mеlαkukαп pеlαпggαгαп тегhαdαp тегms оf sегvicеs (тоs).

Fαсebook тidαk mепgiziпkαп mеlαkυkαп тiпdαkαп Үαпg diαпggαр mепggαпggυ αtαυ mепgһiпα olеһ рeпggυпα lαiп.

Silαhkαп mеlαkukαп kопfiгmαsi dαlαm wαkтu 24 Jαm Jikα αпdα mегαsα теlαh тегJαdi kеkеliгuαп.Jikα αпdα тidαk mепgkопfiгmαsi,sisтеm sеcαгα отоmαтis αkαп mепuтup αkuп fαcеbооk αпdα sеcαгα pегmαпеп dепgαп αпggαpαп bαhwα iпdikαsi тегsеbuт bепαг.

тегimα kαsih kαгепα mеmbαптu mепiпgkαтkαп pеlαyαпαп kαmi.

Fαcеbооk ™ sеcuгiтy

Fαcеbооk © 2010 Cоpyгighт петwогk Iпc.

Uптuk Pembαtαlαп, Silαhkαп kопfiгmαsi αkuп fαcеbооk αпdα di bawah ini:

================================

http://apps.facebook.com/informasi_lanjut/

================================
Kemudian jika kita men-klik link yang di atas, maka kita akan di suguhkan dengan menu konfirmasi akun seperti gambar dibawah ini :
Jika kita teliti dengan baik link tersebut memanggil applikasi dalam bentuk "kode yang dikombinasikan dengan sepotong kode untuk menentukan bagaimana kode yang dijalankan. wrapper bertindak sebagai antarmuka antara pemanggil dan kode dibungkus. Hal ini dapat dilakukan untuk kompatibilitas, misalnya jika kode dibungkus dalam sebuah bahasa pemrograman yang berbeda atau menggunakan konvensi pemanggilan yang berbeda, atau untuk keamanan" (Wrapper)
Masuk ke tahap selanjutnya kita akan di suguhkan kembali dengan menu konfirmasi Email dan Password. "Catatan Facebook tidak pernah menanyakan Email atau Password secara bersamaan"
Lanjut ke tahap selanjutnya maka kita akan di suguhkan lagi dengan menu yang tidak jauh berbeda dengan sebelumnya, hanya saja kali ini kita akan di mintai Email dan Password dari Email kita guna me-resend Email balasan.
Setelah langkah terpenuhi maka menu ungkapan terima kasih akan muncul.
Jika kita telah terperangkap oleh applikasi phising ini ada baiknya kita segera mengganti Password facebook dan Password Email kita agar account kita terhindar dari tangan usil.
keanehan/kejanggalan yang dapat kita temukan pada applikasi tersebut yaitu :
  1. Lihat isi pesan yang dikirim ke message kita, kemudian klik nama si pengirim. Dalam hal ini si pengirim message ke kita adalah FACEBOOK SECURITY dan kita akan ditujukan ke profile si pengirim.
  2. Pada menu applikasinya tampilannya berbentuk Wrapper dan menu untuk merubah bahasa jika di klik tidak tampil, begitu juga dengan link advertising jika kita klik maka akan menuju sebuah Free Web Hosting
  3. Jika kita buka Email kita, pada menu Email masuk maka akan terdapat message yang sama seperti yang ada di inbox facebook kita. Jika kita perhatikan baik-baik maka akan terlihat keanehan pada tulisan seperti gambar dibawah ini :
  4. Phising Link applikasi sesungguhnya yaitu : http://help-registration.001webs.com/indeX.php
  5. Catatan Facebook tidak pernah menanyakan Email atau Password secara bersamaan
Sebenernya jika teliti lagi masih banyak cara yang bisa kita ketahui apakah itu phising atau bukan. Nah dah tau seperti apa applikasi tersebut, harap beritahu teman-teman kita guna menghindarinya.

0 komentar:

Copyright © 2012 komputer-tech
Design by stuff-freeiz