Setting Radio Online di JetAudio/JetCast

Hampir semua jenis media player memberikan fasilitas untuk streaming radio secara online, salah satunya yaitu JetCast/JetAudio. Disamping fasilitas streaming radio secara online, JetCast pun memberikan fasilitas untuk kita membuat radio pribadi layaknya radio-radio online yang ada.

Untuk memiliki radio pribadi bisa ikuti langkah yang ada dibawah ini dan pastikan bahwa Jet audio/JetCast sudah terinstalasi pada Komputer/Laptop anda, jika belum memiliki bisa download terlebih dahulu.

Berikut langkah-langkah instalasi Server pada JetAudio/JetCast.
  1. Buka/ jalankan JetCast
  2. Setelah muncul jendela JetCast, klik Preferences >> Server
  3. Seting Server >> Configure Advanced Option >> External Server (pilih jenis server yang ingin digunakan jika kita telah mempunyai server hosting tapi jika tidak punya lewati saja). Pilih type MP3/Ogg vorbis/WMA jika ingin pendengar radio kita bisa mendengarkannya dari media winamp, windows media player, atau player yang lainnya. Pada bagian Informasi di isi dengan hostname dari hosting yang kita punya, begitu juga dengan password dan port addressnya.
  4. Seting Server >> Configure Advanced Option >> Network Address (biarkan default).
  5. Masuk ke menu stasiun, Preferences >> Station. Pada menu General rubah details radio seperti yang kita inginkan.
  6. Untuk mendapatkan hasil suara yang lebih bagus rubah format audio menjadi MP3 MPEG Layer-3 dengan cara : General >> Format >> Use MP3 as Streaming Format. (ingat : pilihan format mempengaruhi bandwidth yang kita miliki).
  7. Sampai disini langkah instalasi Server Radio kita sudah berhasil. Klik OK dan kembali ke JatCast aplikasi.
  8. Untuk memulainya kita harus meng-klik tombol On Air, tapi sebelumnya siapkan terlebih dahulu lagu-lagu pilihan yang akan kita putar nanti.
  9. Setelah radio kita online kita bisa mengaktifkan microphone untuk bercuap-cuap. Selesai, kini radio sudah siap kita onlinekan.
  10. Jika radio tidak bisa On Air berarti ada yang salah dalam menjalankan cara-cara yang di sebutkan di atas.

0 komentar:

Copyright © 2012 komputer-tech
Design by stuff-freeiz