Rumor "Virus Komputer 10/10/10"

Sebuah perusahaan keamanan jaringan komputer menyatakan jika rumor mengenai virus yang akan mematikan komputer di seluruh dunia pada hari Minggu, 10 Oktober 2010, hanyalah isu yang terlalu dilebih-lebihkan.

"Ini hanyalah sebuah berita yang dilebih-lebihkan. Pastinya berawal dari percakapan antarteman di internet, kemudian menyebar ke mana-mana. Saya rasa tidak ada fakta yang kuat untuk menunjukkan kebenaran rumor ini," ujar peneliti keamanan komputer dari Sophos, Graham Cluley.

Dikatakan Cluley, seperti dikutip melalui Straits Times, proteksi komputer seharusnya tidak dilakukan hanya berdasarkan isu yang beredar, apalagi hanya mengacu pada tanggal tertentu.

"Yang sebenarnya adalah, software berbahaya akan selalu ada setiap harinya selama setahun. Jadi mengkhawatirkan sebuah tanggal tertentu sebagai 'hari penyebaran virus' tidaklah dianjurkan. Seharusnya anda memperhatikan keamanan komputer setiap harinya, tidak hanya satu hari itu saja," ujar Cluley.

Alasan mengapa rumor itu muncul dan menargetkan tanggal 10 Oktober 2010, lanjut Cluley, adalah karena nomor tersebut cukup unik dan sangat menarik perhatian.

Bagi Cluley, rumor seperti ini bukanlah hal yang baru. Pasalnya isu serupa pun pernah terlontar di dunia maya pada tahun 2003, tepatnya pada 3 Maret 2003 (03-03-03). Kala itu, lanjut Cluley, rumor yang beredar mengatakan jika internet akan terhenti selamanya.

"Rumor mengenai virus 10/10/10 hampir sama dengan yang terjadi pada 03/03/03. Ini hanya sebuah rumor yang tidak berdasar," tandas Cluley.

0 komentar:

Copyright © 2012 komputer-tech
Design by stuff-freeiz