Tips Mempercepat Komputer Kita

Komputer merupakan salah suatu benda yang bisa melakukan berbagai jenis aktifitas dan dapat mempermudah pekerjaan kita. Kini komputer PC merupakan salah satu benda yang wajib dimiliki oleh setiap orang sebagai akibat dari perkembangan teknologi yang begitu pesat di era modern seperti sekarang ini. Jika komputer PC atau laptop yang kita punya terasa begitu berat dan lemot, kita akan kesal bukan?

Oleh karena itu silakan ikuti beberapa Tips dan Trik tentang Cara Mempercepat Kinerja Komputer :



  • Perhatikan Visual Grafis

  • Efek efek visual grafis komputer kita seringkali memberatkan kinerja komputer PC kita. Oleh karena itu kita harus memilih antara mementingkan visual grafis/tampilan dari komputer kita atau lebih mementingkan kualitas dan performa dari komputer PC kita. Bagaimana caranya? Ikuti langkah-langkah sebagai berikut :
    Klik kanan icon My Computer -> Klik Kanan -> Properties -> (Tab) Advance -> (Performance -> Setting) -> Visual Effect
    Nah disitu kan ada pilihan antara mementingkan kualitas gambar atau performa komputer PC, kita pilih saja yang kita utamakan. Atau kita bisa pilih sendiri di menu custom, tinggal check/uncheck pilihan kita sesuai dengan keinginan dan kebutuhan kita.

  • Hindari Program-program yang Tidak Berguna

  • Seringkali kita hanya menginstall program untuk memenuhi isi komputer kita. Padahal semakin banyak program yang ada di komputer kita maka hardisk akan lebih penuh. Dan semakin banyak isi hardisk yang terpakai maka komputer kita akan berjalan lebih lambat pula. Oleh karena itu di sarankan kita agar :
    - Uninstall program-program yang tidak berguna
    Caranya : Control Panel -> Add or Remove Programs
    Nah disitu akan kelihatan mana program-program yang sering kita pakai dan mana yang tidak. Sebaiknya untuk program yang jarang kita pakai maka di hapus saja dari komputer PC kita.

    - Lakukan Disk Cleanup
    Disk Cleanup ini akan membersihkan file-file bekas yang sudah tidak dibutuhkan lagi sehingga dapat menghemat space hardisk kita
    Caranya : My Computer -> C: (sesuai dengan hardisk yang kita ingin bersihkan) -> Klik Kanan -> Properties -> Disk Cleanup

    - Defragment Hardisk Berkala
    Defragment ini juga bisa membersihkan hardisk dari data-data yang tidak berguna. Sehingga jika kita melakukan defragment hardisk ini akan menambah free spac penyimpananan hardisk kita.
    Caranya : My Computer -> C: (sesuai dengan hardisk yang kita ingin bersihkan) -> Klik Kanan -> Properties -> (tab) Tools -> Defragment Now

  • Melakukan Tweaking dengan Software

  • Banyak software yang tersedia yang mampu meningkatkan performa komputer kita. Diantaranya Tune Up Utilities, CCleaner, RegCleaner dan masih banyak lagi. Tools-tools tersebut juga bisa membersihkan registry kita dari kesalahan-kesalahan / Error. Kita dapat mencari sofware - software tersebut di google maupun indowebster.

  • Optimalkan Virtual Memori

  • Caranya :
    My Computer -> Klik Kanan -> Properties -> (Tab) Advance -> (Performance -> Setting) -> Advanced -> (Virtual Memori -> Change)
    Nah disitu ada bagian custom size kita isi disitu sesuai dengan yang ada di Reccomended

  • Matikan beberapa fitur Start Up yang tidak berguna

    1. Start Menu -> RUN -> Ketikan MSCONFIG -> OK / Enter -> Pilih menu Start Up >> Hilangkan semua centang pada Start up kecuali Program Anti virus
    2. Klik Menu service -> Hilangkan centang pada Automatic Updates
      Setelah itu tekan Apply lalu OK

    Oke mudah-mudahan tips dan trik diatas dapat membantu kita untuk mempercepat kinerja dari komputer kita, sekian .. ^^

    0 komentar:

    Copyright © 2012 komputer-tech
    Design by stuff-freeiz