Tips Optimisasi dengan Prefetch

Fungsi Prefetch membuat program kita berjalan lebih cepat ketika kita membukanya. Ini berarti ia tidak lagi membutuhkan sebuah keabadian untuk program untuk muncul. Tapi berhati-hatilah, rumor dan tips palsu telah beredar di Internet selama bertahun-tahun.

Microsoft Windows XP menyisipkan komponen Prefetch. Prefetch adalah fitur pada Windows XP dan WIndows Server 2003 yang berfungsi meningkatkan kinerja pada saat booting dan starting sebuah aplikasi.
Caranya adalah : Pada saat booting atau starting sebuah aplikasi, Windows akan mengamati file-file apa saja yang di-load pada saat aplikasi tersebut mengalami inisialisasi. Nah, kali booting/starting berikutnya, Windows akan me-load file-file ini sebelum diminta. File-file tersebut disimpan di folder \Windows\Prefetch. Dengan mengklik, misalnya, Microsoft Word, pengguna akan menghemat waktu sejak semua file dan data yang diperlukan untuk membuka sebuah program telah diambil dahulu.

Sayangnya masih ada banyak sekali tips palsu dan informasi tentang Prefetch di Internet. Jika kita beruntung, tips tentang optimisasi di bawah ini tidak memberikan efek apapun terhadap PC kita. Semakin sering atau tidak (melakukan tips palsu itu), hanya saja, akan memperlambat kinerja komputer! Bacalah untuk mengetahui apa yang benar dan apa yang tidak benar.
1. Masalah : Untuk mempercepat loading program, kita harus sering-sering mengosongkan folder Prefetch.
Solusi : Mengosongkan folder Prefetch akan membuat komputer kita lambat sampai Windows kembali mengumpulkan kembali semua informasi Prefetch, dan ini membutuhkan waktu yang lama dan lambat. Windows otomatis akan membersihkan folder.

2. Masalah : Nonaktifkan Prefetch dari Registry Editor untuk menghemat memori.
Solusi : Prefetch sama sekali tidak menggunakan memori. Menonaktifkannya akan meningkatkan waktu loading programs

Semoga tips dan trik ini dapat membantu kita . Sekali lagi, tidak benar bahwa Prefetch memperlambat komputer kita .

0 komentar:

Copyright © 2012 komputer-tech
Design by stuff-freeiz