Jangan Cantumkan Alamat dan Nomor Telepon di Facebook!

Facebook baru-baru ini mengumumkan akan memungkinkan para pengembang aplikasi bisa mengakses informasi nomor telepon dan alamat rumah Facebooker.

Khawatir langkah ini akan lebih membahayakan, pengguna Facebook pun disarankan untuk tidak mencantumkan nomor telepon dan alamat rumah di profil akun mereka.

"Karena ini adalah informasi yang sensitif, kami mengizinkan akses informasi alamat rumah dan nomor telepon pengguna. Izin ini diberikan pada aplikasi yang akan digunakan dan melalui standar perizinan Facebook," tulis Facebook dalam blognya

Facebook menyebutkan, izin tersebut diberikan hanya untuk mengakses informasi alamat dan nomor telepon si pengguna, tidak termasuk alamat dan nomor telepon teman-teman dari si pengguna itu.

Sebelum instalasi, apps atau aplikasi tersebut akan memberitahukan informasi apa saja yang nantinya akan diakses, termasuk di antaranya alamat rumah dan nomor telepon.

Menanggapi hal ini, pemerhati keamanan internet dari Sophos, Graham Cluley menyebutkan praktik ini jelas berisiko meskipun informasi itu hanya bisa diakses melalui izin si penguna."Para pelaku kejahatan dunia maya sangat mungkin memanfaatkan informasi tersebut untuk mengirimkan SMS spam atau menjualnya ke perusahaan periklanan misalnya," kata Sophos.

Maka dari itu, Sophos menyarankan agar Facebooker sebaiknya tidak mencantumkan alamat rumah dan nomor telepon mereka pada informasi profile.

0 komentar:

Copyright © 2012 komputer-tech
Design by stuff-freeiz