BitTorrent Melanggar Hak Cipta?

BitTorrent dituntut perusahaan asal California atas tuduhan penggunaan hak cipta tanpa izin. Tapi sepertinya tuduhan itu tak berdasar.

Aplikasi torrent yang paling banyak dipakai di internet adalah BitTorrent dan uTorrent. Induk perusahaan kedua torrent itu, yakni BitTorrent Inc. punya sekitar 100 juta pengguna di seluruh dunia.

Perusahaan besar pemberi layanan aplikasi gratis seperti itu, ternyata bisa juga dituntut atas tuduhan pencurian hak cipta. Pihak penuntut adalah Tranz-Send Broadcasting Network, perusahaan kecil asal California.

Tranz-Send mengatakan bahwa BitTorrent dan uTorrent menggunakan hak cipta milik perusahaan itu tanpa izin. Tapi yang menarik, sistem yang digunakan perusahaan itu sama sekali tidak mirip dengan BitTorrent.

Sistem milik Tranz-Send adalah sistem client/server yang mana server dapat menyesuaikan kecepatan transmisi dan mengubah protokol jaringannya berdasarkan pesan yang diterima client.

Sementara, BitTorrenta adalah jaringan terdesentralisasi, yang para pengguna bisa mentransfer file sendiri, sementara index server-nya hanya menjadi host sebagian kecil file.Distribusi file Tranz-Send juga katanya berupa media audio video, sementara fungsi utama BitTorrent bukan seperti itu.

Jadi sejauh ini sepertinya tuntutan itu tidak berdasar.

0 komentar:

Copyright © 2012 komputer-tech
Design by stuff-freeiz